Buah dan Sayuran Sangat Penting untuk Burung

Sekarang kami akan jelaskan mengenai Buah dan Sayuran Sangat Penting untuk Burung. Pernah mendapati kotoran sisa buah tiba-tiba menempel di dashboard mobil, di jok motor atau sepeda Anda saat diparkir di atap terbuka. Jangan curiga dulu mencari siapa yang dengan sengaja melakukannya. Tengok sekeliling, apakah ada pohon buah di dekat tempat parkir tersebut adalah ulah seekor burung.

Buah dan Sayuran Sangat Penting untuk Burung

 

Buah dan Sayuran Sangat Penting untuk Burung

Burung-burung membawa potongan buah seperti kersen, papaya atau pisang terbang ke sarangnya. Dalam perjalanan itu, bagian buah terkadang jatuh karena tidak kuat menahan terpaan angina. Bila tinggal di pedesaan, atau tempat yang masih terdapat banyak pohon buah, kejadian mendapati kotoran sisa buah ini, mungkin kerap terjadi.

Bagi burung, buah adalah makanan penting yang berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh, sama halnya dengan manusia. Jangan kaget bila mendapati buah pepaya masak pohon yang tidak lagi utuh, burung Kutilang dan Trotokan adalah pelaku kuatnya.

Dua burung tersebut memang dikenal penyuka buah papaya. Saat ini masih cukup mudah mendapatkan buah pepaya tumbuh liar di pekarangan. Keberadaan pohon pepaya hampir pasti selalu menarik perhatian burung tersebut.

Pohon lain yang kerap disinggahi dan bahkan bisa disebut sudah menjadi habitat burung pekicau kecil adalah pohon Kersen atau biasa disebut pohon talok (Muntingia calabura). Pohon peneduh ini memiliki buah yang rasanya manis, menjadi makanan favorit dan digemari burung cantik berwarna-warni.

Bila memiliki pekarangan yang cukup, bisas dicoba menanam pohon kersen. Bila sudah lebat dan berbuah, maka hampir pasti burung-burung ini akan hadir meramaikan suasana pagi dengan kicauannya yang beragam.

Buah Sangat Penting untuk Burung

Burung Pleci, Citbang, atau kerap disebut Kemlandean (Dicaeum trochileum) dan burung Kolibri (hummingbird) adalah beberapa penghuni pohon yang juga disebut Ceri Jepang ini. Buah bagi burung sangat penting. Memberikan buah untuk burung pekicau yang memang pemakan buah secara bervariasi mampu meningkatkan stamina burung.

Tidak hanya buah yang bisa dengan mudah ditemui di sekitar yang bagus untuk burung, buah-buah yang notabenenya hanya mampu tumbuh di udara dingin seperti apel, anggur dan per juga sama bagusnya untuk memenuhi kebutuhan vitamin.

Banyak yang berharap dengan memberikan buah pada burung, selain membuat sehat juga agar burung cepat berbunyi. Bila semua syarat pemeliharaan sudah terpenuhi, pemberian buah secara bervariasi memang bisa mempercepat burung berbunyi, tapi bila perawatan harian tidak diindahkan, jangan berharap hanya memberi buah saja bisa cepat berbunyi.

Buah pisang, buah apel kini termasuk jenis buah yang sudah umum diberikan untuk burung Pleci. Apel mengandung antioksidan, hampir sama fungsinya bila dimakan manusia, apel bisa meningkatkan imun atau kekebalan tubuh dan mampu.

Rekomendasi Buah dan Sayur

Berikut ini Buah dan Sayur yang banyak direkomendasikan oleh penggemar burung untuk pakan burung kesayangan :

1. Buah Pepaya

Pepaya mengandung banyak antioksidan. Selain itu, terdapat beberapa vitamin yang terkandung dalam pepaya antara lain vitamin C, vitamin B, vitamin E dan juga vitamin A. Seperti manusia, untuk burung yang kurang serat dan mengalami gangguan pencernaan, pepaya sangat bagus membantu memenuhi kebutuhan serat.

2. Buah Pisang

Pisang adalah jenis buah yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Pemberian yang berlebihan justru akan membuat burung cenderung malas bergerak karena kekenyangan. Berikan pisang secukupnya, misal porsi untuk burung kutilang adalah seperempat buah sehari.

3. Buah Apel

Buah apel saat ini lazim diberikan untuk burung pekicau. Misalnya untuk burung Pleci. Buah apel bisa mencegah dehidrasi yang disebabkan berbagai hal seperti penjemuran yang berlebihan, suhu panas dan sebagainya.

4. Buah Jeruk

Jeruk mengandung banyak air. Memakan buah jeruk bagi burung sekaligus memenuhi kebutuhan air minum. Apalagi saat musim kemarau dimana cuaca sedang panas, jeruk sangat cocok diberikan. Jelas buah ini bagus untuk memenuhi kebutuhan vitamin, terutama vitamin C.

5. Ketimun

Sayuran ketimun cocok juga diberikan untuk burung. Seperti burung Kenari dan Lovebird. Ketimun memiliki kandungan berbagai vitamin dan antioksidan.

6. Tomat dan Wortel

Pemberian tomat dan wortel secara rutin, mampu menumbuhkan bulu yang sehat dan warna yang tajam. Untuk burung yang bulunya mulai tumbuh sehabis mabung, pemberian tomat dan wortel bisa mempercepat tumbuhnya bulu.

Demikian info tentang Buah dan Sayuran Sangat Penting untuk Burung semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.