Burung Cucak Hijau dan Jenisnya

Di postingan ini kami akan ulas seputar Burung Cucak Hijau dan Jenisnya. Kemiripan Cucak Hijau Besar atau Cica Daun Besar atau Greater Green Leafbird (Chloropsis sonneratii) dengan Cucak Hijau Mini salah satunya terletak pada warna. Bila dilihat sekilas, kedua burung ini memang identik, sebab sama-sama memiliki warna bulu yang nyaris sama, didominasi warna hijau mengkilat.

Burung Cucak Hijau dan Jenisnya

 

Tapi, bila diperhatikan lebih detil, postur burung cenderung lebih kecil. Oleh karena itu burung ini dijuluki Cucak Hijau Mini atau sering disebut juga Cucak Ijo Mini. Perbedaan utama antara cucak hijau besar dan cucak hijau mini terletak pada ukuran dan panjang tubuhnya.

Cuck Hijau Besar memiliki panjang di atas 20 cm, sedangkan Cucak Hijau Mini di bawah 18 cm. Kedua burung ini memiliki perangai sama lincah dan bisa menirukan berbagai suara burung lain. Untuk Cucak Hijau Mini, Cucak Hijau atau sering disebut juga Cucak Ijo sejatinya bukan termasuk dalam famili cucak atau merbah. Chloropsis sonnerati adalah nama latin Cucak Hijau. Termasuk dalam suku Chloropseidae dan berkerabat dekat dengan burung Cipoh (Aegithina spp).

Greater Green Leafbird

Di Eropa, Cucak Hijau dikenal sebagai Greater Green Leafbird. Burung yang juga disebut murai daun ini persebarannya masih banyak ditemukan di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Sementara itu, Cucak Hijau Mini yang termasuk dalam spesies Cica Daun Kecil atau Lesser Green Leafbird (Chloropsis cyanopogon) juga memiliki habitat yang tersebar di wilayah Sumatra dan Kalimantan. Meski belum cukup populer di kalangan pecinta burung pekicau, Cucak Hijau Mini sering menjadi alternatif pilihan peliharaan lantaran harganya relatif lebih terjangkau.

Banyak yang menganggap Cucak jenis ini termasuk ras Cucak Ranting atau Cica Daun Sayap Biru (Blue Winged Leafbird / Chloropsis cochinchinensis). Bila disandingkan dengan Cucak Ranting, ada perbedaan yang secara kasat dapat dilihat. Pada warna bulu, Cucak Ranting ada warna hijau kekuningan di tubuhnya dan di bagian sayap serta ekornya ada warna biru.

Banyak yang menyukai Cucak Hijau Mini dengan alasan mudah berkicau dan memiliki mental bagus. Cucak Hijau Mini memiliki mental lebih bagus, soal suara juga tidak kalah dengan Cucak Hijau.

Hanya Cucak Hijau Mini jantan yang memiliki warna kuning pada bagian dagu hingga leher. Sementara untuk bakalan muda baik jantan dan betina maupun burung betina dewasa tidak memiliki warna kuning di bagian dagu hingga lehernya. Tapi, bulunya lebih cenderung berwarna hijau dengan garis biru pucat, disertai lingkar mata kuning tipis.

Membedakan jantan dan betina burung ini bisa dilakukan dengan cara melihat warna hitam yang menyelimuti sebagian wajah, bila tidak ada warna hitam kemungkinan besar adalah betina dan sebaliknya.

Di luar negeri, Cucak Hijau Mini dikenal dengan sebutan Blue Whiskered Chloropsis atau Blue Whiskered Leafbird, terkadang juga disebut Blue Whiskered Green Bulbul. Beberapa literatur menyebutkan bahwa habitat burung ini tidak hanya di wilayah Indonesia namun meliputi Singapura, Brunei, Malaysia, Thailand dan Myanmar.

Ciri Cucak Hijau Jantan dan Betina

Seluruh tubuh Cucak Hijau didominasi warna hijau daun. Termasuk sayap dan ekornya. Untuk jantan, bulu tenggorokan dan pipi berwarna hitam mengkilap. Pada burung jantan, ada noktah biru pada bahunya. Sementara itu, burung betina bulu pada bagian tenggorokannya berwarna kuning dan memiliki bulu lingkar mata kuning. Untuk postur, tidak bisa dijadikan jaminan, bahwa burung jantan selalu lebih besar daripada burung betina.

Jenis Burung Cucak Hijau

Cucak Hijau atau juga disebut Cica Daun, memiliki habitat di hutan-hutan dataran rendah dan perbukitan hingga ketinggian kurang lebih 1100 m dpl. Di Indonesia dikenal ada beberapa jenis Cucak Hijau atau Cica Daun, antara lain

  1. Cica Daun Dahi Emas (C. aurifrons) memiliki warna bulu dahi kekuningan pada jantan.
  2. Cica Daun Sumatra (C. venusta), termasuk Cica paling kecil, pada sisi kepala dan dahi jantan, berwarna biru terang. Untuk betina bulu tenggorokannya berwarna biru terang.
  3. Cica Daun Sayap-Biru (C. cochinchinensis), memiliki warna sayap dan ekor tersaput warna biru.
  4. Cica Daun Kecil (C. cyanopogon), sangat mirip cica daun besar, tidak punya bercak biru di bahu.

Demikian info tentang Burung Cucak Hijau dan Jenisnya semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.