Cucak Hijau Mini Merupakan Burung Berperangai Lincah

Topik kita kali ini yaitu Cucak Hijau Mini Merupakan Burung Berperangai Lincah. Perangainya lincah seperti pemain sirkus. Melihat tingkah polah burung ini dijamin tidak cepat jenuh. Soal suara, burung ini bisa menirukan berbagai suara burung lain. Selain itu, bulu-bulu yang didominasi warna hijau mengkilap, menyejukkan siapa saja yang memandangnya.

Cucak Hijau Mini Merupakan Burung Berperangai Lincah

Cucak Hijau Mini Merupakan Burung Berperangai Lincah

Burung ini terkenal dengan nama Cucak Hijau Mini, termasuk dalam spesies cica daun kecil atau lesser green leafbird (Chloropsis cyanopogon). Meski demikian, burung ini kadang masih ada yang menganggap masuk dalam ras Cucak Ranting atau Cica Daun Sayap Biru (Blue-winged leafbird / Chloropsis cochinchinensis).

Kemiripan burung mini ini dengan Cucak Hijau Besar atau Cica Daun Besar atau Greater green leafbird (Chloropsis sonneratii) salah satunya terletak pada warna. Perbedaan utama terletak pada ukuran dan panjang tubuhnya. Cucak Hijau Besar memiliki panjang di atas 20 cm, sementara Cucak Hijau Mini di bawah 18 cm.

Bila dilihat sekilas, burung ini identik dengan Cucak Hijau, sebab memiliki warna bulu yang nyaris sama, yakni didominasi warna hijau mengkilat. Tapi, bila diperhatikan lebih detil, postur burung ini cenderung lebih kecil. Untuk itulah burung ini dijuluki Cucak Hijau Mini atau sering disebut juga Cucak Ijo Mini.

Di kalangan pehobi, Cucak Hijau Mini masih ditempatkan dalam daftar teratas burung pekicau unggulan. Beberapa pehobi yakin, bila benar cara merawat burung ini, hampir pasti suara dan mentalnya tidak kalah oleh burung jenis lain.

Agar burung memiliki nafas panjang, yang akan berpengaruh dengan kualitas suara, menempatkan burung pada kandang umbaran setiap hari bisa meningkatkan stamina. Burung Cucak ini mudah berkicau dan memiliki mental bagus. Selain itu burung ini lebih cepat jinak dan bermental bagus. Untuk melatih suara, salah satunya bisa kita pancing pakai suara air kran, rata-rata sudah mau ngriwik (bersuara) karena terpancing bunyi air.

Habitat Cucak Ijo Mini

Habitat burung ini tersebar di wilayah Sumatra dan Kalimantan. Beberapa literatur menyebut bahwa habitat burung ini tidak hanya di wilayah Indonesia namun meliputi Singapura, Brunei, Malaysia, Thailand dan Myanmar. Di luar negeri, Cucak Ijo Mini dikenal dengan sebutan Blue-whiskered chloropsis atau Blue-whiskered leafbird, terkadang juga disebut Blue-whiskered green bulbul.

Cucak Ijo Mini terekam dalam penelitian ilmuwan memiliki dua subspesies atau ras dengan dua wilayah persebaran yakni

  1. Chloropsis cyanopogon septentrionalis. Habitatnya ada di wilayah ujung selatan Myanmar (wilayah selatan Tenasserim), Thailand barat daya dan wilayah utara Semenanjung Malaysia.
  2. Chloropsis cyanopogon cyanopogon. Habitatnya di wilayah selatan Semenanjung Malaysia, termasuk Sumatra dan Kalimantan.

Untuk perawatan, pada dasarnya sama dengan burung pekicau lain. Cucak Hijau Mini senang dengan berbagai macam buah yang manis dan nektar bunga. Selain itu burung ini juga gemar memakan serangga kecil seperti semut dan jangkrik.

Beda Jantan dan Betina Burung Cucak Ijo Mini

Membedakan jantan dan betina burung ini bisa dilakukan dengan cara melihat warna hitam yang menyelimuti sebagian wajah, bila tidak ada warna bitam, kemungkinan besar adalah betina sebaliknya. Hanya Cucak Hijau Mini jantan yang memiliki warna kuning pada bagian dagu hingga leher.

Sementara untuk bibit muda baik jantan dan betina maupun burung betina dewasa tidak memiliki warna kuning di bagian dagu hingga lehernya. Tapi bulunya lebih cenderung berwarna hijau dengan garis biru pucat, disertai lingkar mata kuning tipis. Secara fisik, ada kemiripan dengan burung lain. Misalnya bila dibandingkan dengan Cucak Ranting, ada perbedaan yang secara kasat mata dapat dilihat. Pada warna bulu Cucak Ranting ada warna hijau kekuningan di tubuhnya dan di bagian sayap serta ekornya ada warna biru.

Demikian info tentangĀ Cucak Hijau Mini Merupakan Burung Berperangai Lincah semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.