Cucak Keling Salah Satu Burung Berbulu Hitam Legam

Pada kesempatan ini kami akan bahas berkaitan dengan Cucak Keling Salah Satu Burung Berbulu Hitam Legam. Bukan hanya burung gagak saja yang keseluruhan warna bulunya hitam legam. Burung yang populer dengan sebutan Cucak Keling (Aplonis panayensis) ini juga memiliki warna bulu hitam legam yang mengkilat kehijauan di seluruh bagian tubuhnya.

Cucak Keling Salah Satu Burung Berbulu Hitam Legam

 

Burung yang posturnya sebesar burung Jalak Uren dengan mata merah ini memiliki beragam sebutan, tergantung daerahnya. Masyarakat Melayu mengenalnya dengan sebutan burung Perling. Beda lagi dengan masyarakat Sunda yang memberi sebutan burung Kalolojang, sementara di wilayah Asia burung ini disebut Asian Glossy Starling.

Di kalangan pehobi burung pekicau, Cucak Keling dipelihara untuk keperluan proses mastering, meskipun ada juga sebagian pehobi yang memelihara lantaran terpikat suaranya yang melengking.

Habitat burung yang termasuk dalam keluarga Jalak (Starling) ini tersebar luas di beberapa wilayah Asia. Mulai di Indonesia hingga India. Rata-rata orang cari burung ini untuk mastering. Kicauannya memang agak unik, suaranya kecil, critt, ciuw, ciuw.

Di alam liar, Cucak Keling berkembangbiak di daerah dengan dataran rendah yang memiliki ketinggian hingga 1200 mdpl. Biasanya mereka hidup dalam kawanan kecil, baik saat mencari makan maupun memilih sarang. Buah-buahan seperti mangga, pisang, dan pepaya menjadi makanan favorit burung ini. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan protein, serangga kecil menjadi pilihan santapannya.

Ketika memilih sarang, Cucak Keling cenderung memilih pohon yang memiliki cabang cukup besar atau di sekitar lubang pohon. Karakter burung ini lincah seperti burung keluarga jalak kebanyakan.

Jenis Cucak Keling

Hingga saat ini, oleh para ahli burung setidaknya tercatat ada 14 subspesies Cucak Keling. Indonesia termasuk mendominasi, 11 spesies di antaranya tersebar di sejumlah wilayah Indonesia, yakni :

  • Aplonis panayensis altirostris : habitat di Simeulue, Pulau Nias (di ujung barat laut Sumatra) dan Kepulauan Banyak.
  • Aplonis panayensis strigata : habitat di Jawa, Kalimantan Barat dan Sumatra (termasuk pulau-pulau kecil di sekitarnya).
  • Aplonis panayensis pachistorhina : habitat di Kepulauan Batu (kecuali Pini) dan Kepulauan Mentawai (ujung barat Sumatra).
  • Aplonis panayensis leptorrhyncha : habitat di Pulau Pini, yang berada di utara Kepulauan Batu (ujung barat Sumatra).
  • Aplonis panayensis heterochlora : habitat di Kepulauan Anandia dan Kepulauan Natuna, yang berada di antara Semenanjung Malaysia dan Kalimantan.
  • Aplonis panayensis panayensis : habitat ditemukan di Sulawesi Utara dan Filipina.
  • Aplonis panayensis enganesis : habitat di Pulau Enggano, ujung barat daya Sumatra.
  • Aplonis panayensis sanghirensis : habitat di Kepulauan Talaud dan Sangihe, Siau, Ruang, Tahulandang dan Biaro (ujung timur laut Sulawesi).
  • Aplonis panayensis alipodis : habitat di Pulau Panjang, Maratau, dan Derawan, yang berada diujung timur Kalimantan.
  • Aplonis panayensis gusti : habitat di Pulau Bali.
  • Aplonis panayensis eustathis : habitat di Kalimantan Timur.
Tips Merawat Cucak Keling
  1. Mandikan burung Cucak Keling di pagi hari, antara pukul 06.30-07.00. Bisa menggunakan semprotan dengan intensitas sedangdan secukupnya saja.
  2. Setelah memandikannya, angin-anginkan burung agar bulunya cepat kering. Pada saat ini, bisa memberikannya makanan seperti ulat hongkong, jangkrik atau belalang hijau.
  3. Berikan makanan tambahan lainnya secara rutin, seperti kroto misalnya. Berikan setiap pagi sebanyak setengah sendok makan.
  4. Setelah diberi makan tambahan, lalu jemur kembali burung selama 2-3 jam. Di sela penjemuran, berikan buah-buahan seperti pisang, pepaya atau mangga.
  5. Untuk memancing burung Cucak Keling berbunyi, sandingkan dengan semua burung yang memiliki karakter suara hampir serupa, misalnya burung gereja, tengkek atau pelatuk

Demikian info tentang Cucak Keling Salah Satu Burung Berbulu Hitam Legam semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.