Cucak Kerinci Burung yang Siulannya Ramai

Di postingan ini kami akan bahas seputar Cucak Kerinci Burung yang Siulannya Ramai. Ada banyak jenis burung Cucak yang habitatnya tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Salah satunya adalah Cucak Kerinci (Pycnonotus leucogrammicus) atau dikenal juga dengan sebutan cream striped bulbul. Secara fisik, postur burung cucak ini sebesar burung Cucak Jenggot.

Cucak Kerinci Burung yang Siulannya Ramai

Burung Cucak Kerinci memiliki ciri warna bulu pada bagian punggung berwarna coklat bercoret putih, perut berwarna putih, iris pada mata berwarna kuning, paruh dan kaki berwarna hitam. Sejauh ini, populasi burung Cucak K masih banyak ditemukan di wilayah Sumatra.

Di habitat aslinya, burung Cucak ini gemar berkembangbiak di hutan-hutan sekunder berketinggian antara 800 hingga 1200 meter di atas permukaan air laut (dpl). Namun, di wilayah Gunung Kerinci, burung Cucak ini bisa di temukan di ketinggian 1900 meter di atas permukaan air laut (dpl). Burung Cucak jenis ini juga kerap ditemukan di perkebunan kopi.

Para Ahli dan Peneliti Burung

Menurut beberapa ahli dan peneliti burung, burung Cucak Kerinci dimasukkan dalam jenis burung Cucak Bergaris (Pycnonotus striatus) yang hidup di seluruh kawasan Asia Tenggara. Di kalangan penggemar burung pekicau, jenis burung Cucak ini dipelihara untuk keperluan mastering.

Meskipun kalah terkenal dengan jenis burung Cucak lain, sebut saja seperti burung Cucak Jenggot atau burung Cucak Rowo, burung Cucak ini masih menjadi pilihan alternatif burung pekicau yang harganya relatif masih terjangkau.

Alasan burung Cucak ini masih dilirik oleh penggemar burung pekicau karena siulannya yang ramai dan meletup-letup, meskipun dengan volume yang lebih kecil bila dibandingkan dengan siulan burung Cucak Jenggot. Suara burung Cucak Kerinci cenderung monoton, bisa nembak tapi kecil. Kicauannya mirip burung Cucak Jenggot tapi lebih kecil. Mirip juga sama burung Kapas Tembak, bunyinya srit, srit, srit.

Mayoritas pembeli burung Cucak jenis ini adalah mereka yang hendak melakukan mastering. Burung ini mentalnya bagus. Kalau sudah jadi, burung Cucak jenis ini berani bertarung dengan burung lain. Di habitat aslinya, jenis burung cucak ini memakan buah-buahan seperti buah pohon salam atau buah pohon beringin. Selain itu juga memakan serangga kecil seperti semut dan belalang. Bila sudah dipelihara, bisa diberikan voer dan pisang. Untuk memenuhi kebutuhan proteinnya, bisa diberikan jangkrik.

Perawatan burung Cucak Kerinci

Perawatan burung jenis ini cukup mudah untuk dilakukan yaitu :

  • Pagi dimandikan
  • Air minum lebih bagus matang dan diganti setiap hari
  • Jemur sebelum jam 10 pagi
  • Kasih 3 ekor jangkrik rutin setiap pagi dan sore hari
  • Kalau malam bisa dikasih Kelambu atau penutup kandang lainnya

Demikian info tentang Cucak Kerinci burung yang siulannya ramai semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.