Jenis Burung Finch yang Paling Populer Dipelihara

Kali ini kami akan ulas mengenai Jenis Burung Finch yang Paling Populer Dipelihara. Burung yang satu ini kerap dianggap sebagai hama, sebab kemampuan berkembangbiaknya yang cepat membuat populasinya bertambah pesat, sementara predator alaminya, seperti ular dan burung hantu semakin sedikit. Makanan utamanya adalah biji-bijian. Oleh para petani di Jawa, burung gemar makan bulir padi yang siap dipanen ini kerap disebut Manuk Emprit (burung pipit).

Jenis Burung Finch yang Paling Populer Dipelihara

Burung Finch

Burung pipit yang masih mudah di jumpai ini merupakan salah satu jenis burung Finch (Estrildidae). Ada beberapa jenis burung pipit atau juga sering disebut burung bondol yang berkembangbiak dengan baik di habitat persawahan di Indonesia antara lain, Bondol Peking (Lonchura punctulata), Bondol Jawa (Lonchura leucogas-troides), Bondol Perut Putih (Lonchura leucogastra) dan Bondol Haji atau Emprit Haji (Lonchura maja).

Belakangan ini, beberapa orang yang hobi burung pekicau penasaran dengan kemampuan berkicau burung pipit yang diunggah ke sebuah situs oleh seseorang asal Jember. Burung tersebut memiliki kemampuan berkicau seperti burung Kenari. Setelah ditelusuri ternyata burung Pipit bisa dilatih sehingga bersuara emas seperti Kenari.

Misalnya Bondol Haji, burung ini disebut seperti itu karena dibagian kepalanya berwarna putih, seolah memakai sebuah peci putih yang orang masyarakat Indonesia diidentikan dengan sosok seorang haji.

Bondol Haji atau mungkin burung pipit lainnya, memang kemungkinan bisa dimaster dengan suara burung lain yang sejenis, seperti Kenari misalnya. Hanya saja, tingkat keberhasilannya memang tergantung dari ketelatenan pemiliknya. Syarat dari Bondol Haji yang ingin dimasterkan yaitu memelihara dari muda atau lolohan, itupun susah, kendalanya kicauan Kenari yang kita harapkan bisa direkam dengan baik, belum tentu bisa, faktornya banyak, bisa jadi intensitas mastering memang kurang tepat.

Burung Pipit

Di pasaran, burung Pipit ini mungkin masih dianggap kurang berharga dan dijual murah. Bahkan hanya digunakan untuk untuk makanan reptil, seperti ular atau biawak. Namun, setelah beberapa orang sukses memaster burung ini, muncul minat orang lain untuk mencobanya.

Beberapa cara yang patut dicoba agar sukses memastering burung ini adalah dengan terus mencoba dan mencoba secara berkelanjutan dan dengan intensitas berbeda-beda memaster emprit. Sebab, belum banyak orang yang sukses memastering burung ini dan belum ada panduan pasti bagaimana agar peluang berhasilnya besar.

Ada baiknya sebelum mencoba memaster burung ini, lebih dulu mengenal karakternya. Emprit haji ketika masih muda bulunya dominan berwarna coklat pada tubuh bagian atas, sedangkan tubuh bagian bawah berwarna kuning tua. Iris matanya berwarna coklat, bagian paruh abu kebiruan, kaki biru pucat.

Emprit haji gemar bertengger dan berburu makanan di areal persawahan, lahan lapang dan rawa-rawa. Biji-bijian dan padi-padian adalah makanan favoritnya. Hampir mirip dengan burung Peking, emprit haji hidup berkoloni ketika musim panen tiba untuk mencari makanan.

Saat musim kawin, burung ini akan hidup memisah dari koloni menjadi pasangan betina dan jantan saja. Biasanya, Emprit Haji betina akan bertelur dengan jumlah telur 4 hingga 6 butir telur saja dengan telur berwarna putih.

Jenis Burung Finch yang Populer Dipelihara

Burung finch (burung emprit) yang berbulu warna-warni ini memiliki ratusan spesies yang memikat untuk dipelihara sebagai burung hias. Berikut ini adalah jenis-jenis burung finch yang populer dipelihara.

1. Strawberry Finch

Strawberry Finch dikenal juga sebagai Avadavat merah. Sebutan strawberry diberikan karena warna bulu burung jantan sangat mirip warna buah strawberry. Burung ini mudah berkembang biak dalam sangkar. Cocok bagi pemula atau mereka yang ingin mengembang biakan burung jenis ini.

2. Spice Finch

Kerap disebut Nutmeg Mannikins. Jenis ini terkenal paling mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Cocok dipelihara oleh pemula, karena tidak membutuhkan perlakuan khusus saat di pelihara dalam sangkar.

3. Zebra Finch

Jenis finch yang satu ini direkomendasikan dipelihara bagi mereka yang baru saja ingin memelihara burung hias. Burung ini memiliki masa hidup yang cukup panjang, sekitar 10 tahun ke atas. Selain lincah, Zebra Finch juga mudah ditangkarkan. Padang rumput dan ladang terbuka adalah habitatnya, tidak beda dengan jenis finch lain. Australia adalah negara dengan populasi terbanyak untuk jenis Zebra Finch. Mereka ini juga hidup berkoloni dalam jumlah besar. Saat mencari makan, ada puluhan bahkan ratusan burung ini terbang rendah.

4. Gouldian Finch

Burung finch jenis ini disebut juga Lady Gouldians. Beberapa penggemarnya menganggap jenis ini warnanya paling indah. Namun semua itu tergantung selera masing-masing. Harganya relatif lebih mahal dibanding jenis finch lainnya.

5. Fawn – Pied Society Finch

Disebut demikian lantaran finch jenis ini di habitat aslinya gemar membaur dengan burung lain di luar koloninya. Beberapa literarut meyakini, finch jenis ini telah dikembangbiakan di negara-negara asia lebih dari 300 tahun yang lalu oleh peternak Jepang dan China.

Demikian info tentang Jenis Burung Finch yang Paling Populer Dipelihara semoga bermanfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.